Apakah wanita mimpi basah pula?

PertanyaanAssalamualaikum..
Ustadz, apakah wanita mimpi basah pula? jika iya, apakah yang dikeluarkannya mani juga? haruskah mandi?
Satu lagi, jika pada kegiatan sehari-hari timbul rangsangan yang tidak disengaja, misalnya jika kemaluan terkena pakaian dalam, apakah termasuk kategori keluar madzi?
Mohon maaf jika terdapat kata-kata yang salah.
Mohon bantuannya.
Terima kasih
Wassalam.

Jawaban

Assalamu‘alaikum warahamatullahi wabarakatuh


1. Apabila wanita mimpi basah, maka ia harus mandi entah yang dikeluarkannya mani atau sejenis mani sebagaimana sabda Rasulullah saw::


عن أم سلمة قالت: جاءت أم سليم إلى النبي صلى الله عليه وسلم فقالت: يا رسول الله، إن الله لا يستحي من الحق، فهل على المرأة من غسل إذا احتلمت؟ فقال رسول الله صلى: (إذا رأت الماء).‏


Dari Umu Salamah berkata, datang Umu Sulaim kepada Nabi saw. Dan berkata:"Wahai Rasulullah, sesungguhnya Allah tidak malu pada kebenaran, atau dalam riwayat lain, jika apakah wajib mandi seorang wanita mimpi dan keluar air dari qubulnya. Maka Rasulullah saw. Menjawab, bahwa ia wajib mandi jika melihat air tersebut" (HR At-Tirmidzi)


Artinya jika ia bermimpi tapi tidak melihat adanya air yang keluar, maka ia tidak wajib mandi.


2. Adapun kalau timbul rangsangan maka, jika air yang keluar tidak disertai dengan rasa nikmat, maka ia bukan mani (bisa madzi atau yang lain) yang tetap harus dibersihkan tanpa perlu mandi.


Wallahu a'lam bish-shawab.


Wassalamu alaikum wr.wb.

Comments :

0 komentar to “Apakah wanita mimpi basah pula?”

Posting Komentar